Friday, September 23, 2011

Hariku di kelas XI

bismillahirrohmanirrohim..
hallow blogku sayang, udah lumayan lama aku gak beneran ngeblog murni dari tulisan aku, selama ini cuma ngopas atau gak tulisan lama baru di post, haduh maaf ya. padahal dari janji ramadhan, target aku bakal ngerawat blog ini dan ngisi tulisan minimal 3x. aku pengen banget bisa jadi penulis, apapun profesinya. mau aku jadi dokter, akuntan, tekhnisi, dosen, guru, apapun itu aku bakal terus nulis. dan selama itu pula aku ingin tulisan aku bisa bermanfaat, gak cuma curhat aja isinya.

well, setelah masalah obsesi menulis itu udah aku keluarkan, aku pengen banget cerita nih tentang gimana jadi anak kelas 11 sesungguhnya. ya, disini kisahku bermula di kelas XI ipa 2. pertama kali aku masuk sini, lumayan seneng soalnya emang aku pengennya dari dulu masuk ipa2 gaktau kenapa. ditambah temen satu kelas pas dikelas x ada lumayan banyak ada alysa, himma, intan, binnari, kobam, ridi. dari sekian banyak temen sekelas itu ternyata gakada yang duduk sama aku. aku malah kebagian duduk sama rai.

awalnya aku emang gakgitu kenal sama dia, yang aku tau dia anak paskib dan pinter. oiya satulagi dia anak yang alim juga, aku lihat dari postingan blognya. ya, dari dia aku banyak belajar. gimana jadi STRONG, seperti julukan dia dikelas xa. gimana mandirinya dia, usaha dia dan yang paling berpengaruh adalah gimana dia buka kaus kakinya di tempat wudhu bukan pas buka sepatu, gimana dia pake manset padahal itu hari senin-rabu yang bajunya putih yang awalnya menurut aku mungkin gakperlu pake manset. aku gak perlu banyak ngomong atau bertanya, esoknya aku mencontoh dia, ya aku malu.. bukan karena aku merasa lebih, namun aku malu sama Allah.

after chairmate, ada walikelas namanya ma'am win, guru bahasa inggris. dia orangnya tegas tapi baik. ya mungkin ngomongnya agak blak-blakkan tapi itu juga buat kita. pas pertama masuk, aku ngeliat sekeliling, ada arif, syifa, fadli, siti, dan beberapa lagi yang aku kenal. dan kesan lainnya adalah anak-anak disini pinter-pinter semua!!! dan aku diamanahkan sebagai bendahara disini, arif sebagai ketua kelas, powel wakil dan rai sekretaris.

semakin berjalannya waktu, semakin aku kenal gimana keadaan kelas ipa2. sangat luarbiasa! luarbiasa berisiknya, luarbiasa pinternya, luarbiasa mamennya. ya, aku baru 3 bulan disini. aku belum mengenal semuanya, namun bertahap, aku ingin kelas yang kompak dan bisa nyaman disini selama 2 tahun, amiiin :*

ya, sekilas tentang kelas saya, pelajaran yang ada juga sangat luar biasa, ada bu ning yang menggebu-gebu mengajar, bu mitha yang sangat urut mengajar matematika, pak slamet yang diam namun lucu mengajar fisika, bu erah yang suka memberi pencerahan, opun yang suka bercerita, pak dahman yang selalu berbicara tentang konsep, bu sri yang ingin menjelaskan secara jelas apa itu bahasa indonesia. bu tri yang medok dan membanggakan arief sebagai pengejar bola.. ah semua guru dikelas ini begitu unik. satu yang berbeda kelas XI sekarang dan tahun lalu, bahasa asingnya kita tetap perancis! gak berubah, agak sedih ya padahal pengen banget belajar bahasa jepang.

oiya, tadi aku baru daftar OSN, haha gayabanget ikut OSN segala, aku pilih OSN kimia. aku sadar nilai kimia gak gitu bagus, tapi ada minat disitu. kata pak dedy, dimana ada niat ada jalan. jadi, siapa takut? toh dulu pas kelas x aku bisa dapet nilai bagus, sekalipun aku gaklolos, aku ingin tetap belajar kimia, bismillah ya Allah. ahahay.

kata kakak-kakak kelas, kelas sebelas adalah masanya kita berorganisasi, bagaimana amanah-amanah besar akan diberika dijenjang ini. ya, aku mulai merasakannya, aku yang cenderung aktif di rohis merasakan taste yang berbeda tatkala 2 acara rohis berdekatan dan aku sibuk syuro. bagaimana kekeluargaan mulai dibangun disini. namun aku tidakmau terlalu sibuk dan melupakan pelajaran yang ada, bagaimanapun sibuknya aku, aku akan tetap berjuang mempertahankan nilaiku, sekalipun untuk sementara masih belum mencapai target namun bila Allah ada disampingku aku yakin Allah tidak akan menyiakan hambaNya yang bejuang dijalanNya, amiin.

Allah ma'anna..

kemaren, kita juga baru melaksanakan langab, pelantikan gabungan per ekskul gitu. aku ekskul js, dan pada momen-momen sebelum langablah aku merasakan kedekatan, kekeluargaan.. ya, untuk pertama kalinya aku pulang malam karena membantu adek-adek js membuat nametag,satu hari aku optimalkan membantu adeknya, karena hari kamis, H-1 aku les dan aku gak bisa menyia-nyiakan uang ummi dan abi yang udah membayar untuk menyokong pelajaran. aku sadar, aku mungkin sangat kurang loyal karena cuma bisa membantu 1 hari saja, namun ini pilihanku, aku bukan tak mau, tapi aku hanya memilih prioritas.

ketika hari H-nya, aku mulai bercuap-cuap, bukan maksud menyakiti namun hanya ingin membuat perubahan yang sedikit lebih berarti untuk dasar diri anggota js tersebut. aku merasakan pula hangatnya berkumpul bersama keluarga js, elsa, cecen, ica, kenny, himma, fanny, rian, upe, syifa. malam hari kita berkumpul bersama ditemani cerahnya bulan malam itu, tiga orang tertidur dipangkuanku, aku senang karena aku cukup bermanfaat..
namun, rasa sedihpun ada pasti, dimana aku kadang juga masih merasa bukan bagian mereka.

kembali ke masalah pulang malam, hanmpir 2 minggu ini aku sangat lelah, ngantuk snagat terasa ketika belajar dan semangatku menurun. aku pulang malam terus 2 minggu ini, padahal aku bukan tipe anak yang suka bermain-main dan terlalu asyik dengan dunia luar, karena aku mencintai rumahku. yah, namun itulah resikonya menjadi kelas 11, aku hanya tersenyum dan berteriak senang ketika akhir pekan tiba, aku bisa istirahat.

namun, aku ingat ketika aku sedang kelelahan janji Allah pasti, dimana ada usaha dan kerja keras, aku bisa menjalankannya secara sukses. dan lagi, ummi pernah berkata "yang menentukan kesuksesan bukanlah IQ,EQ atau SQ, namun seberapa kuatnya ketahan malangan" aku yakin itu, tatkala aku berpayah-payah berjalan pulang sekolah sendirian kepertigaan menuju 57, Allah menilai langkahku, Allah melihat seberapa keras aku berjuang dan berkorban. ya Allah, hanya Engkau yang tahu seberapa aku ingin menjadi hamba yang baik..

di rohis aku akan diberikan amanah yang cukup berat, dan aku sangat pusing memikirkan hal itu. aku takdapat bercerita apa-apa, aku cukup memenndamnya namun aku begitu stress ketika membayangkan bagaimana aku bisa menjalankan amanah ini? bagaimana aku harus merubah sikapku yang masih buruk, kata-kata "gue" jadi "aku. belajar mengingatkan, belajar menjadi pribadi yang mandiri, menjaga hijab dnegan lawan jenis. ah, begitu banyak yang harus aku benahi dari diriku ini. bagaimana aku membenahi orang lain? aku bersedih, aku melamun, aku takbanyak berbicara.

kadang ketika aku mulai terbawa suasana, aku merasa ada dosa disitu. aku sungguh cemas, berhari-hari aku sangat down, memikirkan apakah pantas sikapku kemarin? mengobrol dengan arga, makan bareng temen-temen js hingga pulang sore banget. aku khwatir, masihkah pantas aku begini? hingga abdan pulang ke darul qur'an, aku menyendiri disana, mengamati keadaan yang ada. aku menangis dan memandang langit, salahkah perbuatanku selama ini? tak lama aku disana, namun banyak yang bisa aku ambil, aku janjikan kepada diriku. aku sendiri.. dan aku kembali ke ummi dan abi di mobil dengan keadaan tersenyum. ya Allah, kuatkan aku dijalanMu, jadikan amanah yang Engkau berikan kepadaku adalah untuk menjagaku dan aku bisa mengambil berbagai sisi positifnya. amiin.

terlalu banyak ceritaku disini, dimulai MOS, kelas x dan kini kelas xi, entah apa yang akan terjadi lagi setelah ini. bagaimana keadaanku? semoga aku masih istiqomah dengan tekad awalku, dengan tujuan utamaku, Allah.

SMA 14,
begitu banyak yang engkau beri kepadaku
aku merasa pahitmanisnya perjuangan disini
kau selalu memenuhi ruang-ruang hatiku
dan otakku untuk selalu belajar ditiap waktu

aku mencintai sekolah ini karena Allah,
semoga aku lulus dari 14 dan masuk UI.
amiin

sekian dulu ya ceritaku hari ini, aku sudah berjanji untuk selalu menulis, dan aku ingin sekali menerbitkan sebuah buku, doakan aku teman. bismillah.


salam cinta,
silmykaaffah

No comments:

Post a Comment