Saturday, February 18, 2012

Quotes

Itulah hakikat sejati kebahagiaan hidup Dam. hakikat itu berasal dari hati kau sendiri. bagaimana kau membersihkan dan melapangkan hati, bertahun-tahun berlatih, bertahun-tahun belajar membuat hati lebih lapang, lebih dalam dan lebih bersih. kita tidak akan pernah merasakan kebahagiaan sejati dari kebahagiaan yang berasal dari luar hati kita. hadiah mendadak, kabar baik, keberuntungan, harta benda yang datang, pangkat, jabatan, semua itu tidak hakiki. itu datang dari luar. saat semua itu hilang, dengan cepat hilang pula kebahagiaan. sebaliknya rasa sedih, kehilangan, kabar buruk, nasib buruk, itu semua juga datang dari luar. semua datang dari hati kau yang dangkal, hati kau ketika keruh berkepanjangan.

berbeda halnya jika kau punya mata air sendiri di dalam hati. mata air dalam hati itu kongkret, Dam. amat terlihat. mata air itu menjadi sumber kebahagiaan tidak terkira. bahkan ketika musuh kau mendapat kesenangan, keberuntungan kau bisa senang atas kabar baiknya, ikut bahagia karena hati kau lapang dan dalam. sementara orang yang hatinya dangkal, sempit, tidak terlatih, bahkan ketika sahabat baiknya mendapat nasib baik dia akan segera iri hati dan gelisah. padaha apa susahnya ikut senang.

Itulah hakikat sejati kebahagiaan, Dam. ketika kau bisa membuat hati bagai danau daulah lam dengan sumber mata air sebening air mata. memperolehnya tidak mudah, kau harus terbiasa dengan kehidupan bersahaja, sederhana dan apa adanya. kau harus bersungguh-sungguh dan atas pilihan sendiri memaksa hati kau berlatih.

(Tere Liye-Ayahku (Bukan)Pembohong)


No comments:

Post a Comment