Wednesday, July 31, 2013

Ramadhan, Bulan Qu'an

Assalamualaikum..
pernah tau ngga kalo bulan Ramadhan itu Syahrul Qur'an alias bulannya Al-Qur'an?
pernah denger ngga kalau Imam Syafi'i dalam waktu sehari bisa sampai 2x mengkhattamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan?


Percaya ngga kalo jaman sekarang, masih ada orang-orang yang bisa mengkhattamkan Qur'an semacam Imam Syafi'i, oke buka berarti selama sebulan bisa sampai 60x khattam, tapi setidaknya dalam sehari bisa khattam sekali. percayaa? saya percaya.

Alhamdulillah hingga hari ini saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan mengecap manisnya bersama Al-Qur'an. sepuluh hari terakhir di bulan yang amat berkah ini Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk beri'tikaf. yang lebih membuat saya bahagia adalah saya bisa total, 10 hari (insya Allah). di sebuah masjid di daerah Mampang, Masjid Al-Hikmah.

mungkin tidak seperti At-Tin yang ramenya masya Allah.. tapi disini, ada sesuatu yang berbeda. disini, bacaan Imamnya, suasananya, kondisinya, membuat kita seperti sedang berlomba, berlomba untuk memungut pahal yang berserakan.

kau tahu, selama saya hidup, saya belum pernah lebih dari tiga juz membaca Al-Qur'an dalam semalam. tapi, disini semalam suntuk berinteraksi dengan Al-Qur'an, menyimak bacaan iman.. Alhamdulillah semalam saya bisa menyelesaikan sebanyak 10 juz. ini real, serius. dan disamping-samping saya, masih banyak yang terus.. teruus membaca padahal orang-orang sudah kelelahan. mungkin ini yang sudah dinamakan cinta.
luar biasa ketika kita bisa meletakkan Al-Qur'a di hati-hati kita,
bisa menyerap setiap kata yang terlontar dari Al-Qur'an
bisa merasakan desiran yang amat halus,
bisa merasakan kekuatan yang amat dahsyat.

aih, kenapa baru sekarang?
disini yang ingin saya tekankan adalah sampai hari ini banyak orang yang berburu di 10 hari terakhir Ramadhan. jika untuk SBMPTN aja kita menyiapkan amunisi yang sangat banyak, padahal itu hanya untuk urusan dunia, lalu apa yang kamu siapkan untuk bulan penuh rahmat ini?
Apa sibuk buka puasa disana sini, sibuk dengan mudik lebaran, sibuk dengan meminta maaf lewat hp dan sosial media. itu baik, tapi akan lebih baik jika kita bisa meletakkan pada porsinya masing-masing.

saya masih ngga percaya saya bisa semalaman bersama Al-Qur'an.. mungkin ini nikmat yang jauh lebih baik dari Allah dibanding saya mendapat PTN tahun ini, jika saya dapat PTN tentu sedang sibuk OBM dan urus ini itu kan? kembali bersyukur. karena Allah meletakkan sesuatu pada waktunya, meletakkan yang baik menurut ukuran-Nya bukan kita.

mari perbanyak doa, perbanyak ibadah-ibadah yang bisa kita lakukan. istilah kata kaya ada gelas yang pecah dan kita coba untuk memungut setiap beling yang berserakkan, jangan sampai ada yang tertinggal.

ohiya sekedar info aja, Masjid Al-Hikmah akan mengadakan Khotmul Qur'an pada tanggal 27 Ramadhan, doa akan dilaksanakan seusai tarawih pada saat witir. dan dengan penceramah Ustadz Abdul Hasib.
dan disini tarawihnya 1 juz perhari dan tahajjudnya juz per hari.
jika tertarik mencoba i'tikaf disini, yuk main ke daerah Jalan Bangka 2 no. 24.


sekian.
Wassalamualaikum..

silmy.
hamba-Nya yang masih berusaha untuk menjadi lebih baik

No comments:

Post a Comment