Monday, August 5, 2013

10 Malam Terakhir

Assalamualaikum.
Bismillah, akhir-akhir ini jadi ansos banget, ga ada tipi, whatsapp sepi, twitteran jarang. haha. apa kabar pemudik? eciye banget pada mudik, seru ya lebaran bareng keluarga.. kalo tahun kemaren, aku lagi menunggu lebaran pasti nonton tv dan ngeliatin berita para pemudik. haha, tahun ini engga. stay di alhikmah. haha, udah seminggu lebih menempati sebuah ruangan di lantai satu ini. dan bersyukur banget diberi kesempatan ngga menghabiskan waktu dengan percuma.

sekarang ngerasain gimana kalau jadi laki-laki terbirit-birit mengejar sholat jama'ah di masjid, saat azan berkumandang, buru-buru wudhu, ngambil mukena dan lari ke masjid buat sholat jamah. terus abis sholat menatap saudara-saudara seiman, tua dan muda, berzikir kepada Allah, ditambah lagi kadang ada kajian sehabis sholat, mendengarkan dengan khidmat di rumah Allah.

belum lagi setiap sholat subuh-mahgrib-isya-tarawih-witir-tahajjud disuguhkan dengan suara imam nan merdu, para Al-Hafidz. subhanallah, maha suci Allah yang menciptakan manusia yang cerdas-cerdas. dan yang lebih mencengangkan adalah beberapa imam itu seumur denganku, baru lulus SMA. kakak kelasnya Abdan di Darul Qur'an. subhanallah. luar biasa. jika dilihat dari atas, badannya masih seperti bocah, tapi jadi imam di masjid ini. huwaa. sometimes, i want to interview him. tunggu liputannya yah.
ada pula yang seorang dokter, tapi sudah hafidz. masya Allah. semakin besar, semakin matang hafalannya, dan jarang salah beliau. ya Allah kalo ngeliat orang-orang seperti mereka, mupeng? iya. salut? iya. seneng? iya. kagum? iya.
bisa ngga ya suatu hari nanti aku menjadi salah seorang hafidzah. menghafal Qur'an dan memahami makna-maknanya. sambil melanjutkan studiku. menjadi orang yang bisa bermanfaat. bisa kan ya?

lalu, semalam adalah malam 27, Khotmul Qur'an. jadi karna di Al-Hikmah setiap tarawih 1 juz, maka menjelang malam 27 dikebut sehingga semalam, tuntas sudah 30 juz digaungkan di masjid ini. dan yang lebih istimewa adalah Ustadz Hasib sebagai penceramahnya. beliau mengatakan sesuatu yang amat menyejukkan "Malam ini adalah malam yang sangaaaat istimewa. karena salah satu malam di bulan Ramadhan, 10 malam terakhir, malam ganjil dan malam 27. Bersyukurlah karena kita berada disini di kala orang-orang mungkin sedang asyik dengan dunia. beruntunglah kita berada di rumah Allah yang mulia ini."
beliau juga mengatakan tentang "Boleh kita membaca Al-Qur'an yang banyak. yang dimana ketika kita membacanya satu huruf dinilai sebuah kebaikan. yang dikala orang terbata-bata pahalanya menjadi dua kali lipatnya dan orang yang lancar lebih lagi.. namun pada hakikatnya Al-Qur'an diturunkan untuk dilaksanakan.
fungsi al-Qur'an diturunkan ada dua, dipahami maknanya dan di aplikasikan dalam kehidupan, bagi orang-orang yang cerdas. Ia bisa sudah S2, S3 namun ketika ia belum memahami Al-Qur'an dia belum cerdas. (ini jleb banget)"
dan dua buah ayat yang beliau katakan harus menjadi pedoman kita adalah Surat Fatir ayat 29-30.
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri (QS Fathir [35]: 29-30).

Jadi, perniagaan yang tidak akan merugi adalah seperti yang disebutkan diatas, jika kita memberikan pinjaman yang baik dari Allah maka Ia akan menggantinya berkali-kali lipat. okesip, cukup merinding saya mendengarnya.

Gatau ya, mungkin 10 hari terakhir ini hadiah dari Allah buat aku, apalagi saat malam.. saat dimana banyak orang terlelap. saat dimana banyak orang yang tidak sadar keutamaan bulan mulia ini..
Allah membiarkanku terjaga, Alhamdulillah meski lelah harus QL lama sekali, bacaan Imam saat sholat tetap syahdu didengarkan. air mata terkadang menetes. ah Allah, indah nian semuanya.
Engkau begitu baik, padahal hamba-Mu ini masih terlalu banyak dosa ya Rabb. ampuni aku. berikan tempat terbaik untukku ya Allah.

InsyaAllah, malam 29 akan ada khotmul lagi, tapi saat tahajjud. anybody to join?

Ramadhan tahun ini begitu spesial, mungkin akan rindu saat-saat seperti ini. Semoga tahun depan masih deiberi kesempatan untuk mengecap nikmatnya iman ini..

semoga terus istiqomah ya Allah, menjaga cintaku hanya pada-Mu kini.
habis lebaran, bakalan banyak yang akan dikerjakan.
Allahumma yasiir wala tuasiir. Ya Allah permudahlah jangan dipersulit.

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment