Saturday, September 28, 2013

MABIT NURUL FIKRI

Hoy! Assalamu'alaikum.
(sorry edisi gue-guean hehe)
Hari ini ada promosi mabit 2014. Dan ternyata udah setahun yg lalu ya ngelewatin masa-masa itu. Masa perjuangan buat dapet PTN dan nyatanya hari ini gue kebagian di promosiin, bukan promosi. Ya karena I'm a ronin'ers~ yaudahlah jangan galau denger kata ronin karena gue baik-baik aja. Wkwk. lagian yang mau dibahas disini bukan roninnya tapi mabitnya. *eaaak

Di mabit, tanpa sadar gue ketemu banyak orang hebat. Dari mulai temen seangkatan sampe anak mabit angkatan pertama. Hari ini gue ngeliat sosok yang berbeda dari temen gue yg masuk mabit, dia bercerita tentang gimana mabit bisa ngerubah hidupnya. anak yang dulu di sekolahnya menduduki 3 peringkat paralel terbawah tapi hari ini duduk di sebuah jurusan kece di UI. Bukan cuma dapet jurusan yg dia mau, tp bonus dapet jurusan fk-nya ips. Padahal selama ini gue ngeliatnya dia kadang terlalu "sombong" dengan apa yg dia punya, anak yg ga peduli apa kata orang tapi dia menemukan jalannya di mabit. Jalan untuk meraih cita-citanya. Meskipun pas awal masuk mabit gue rada ga percaya dia beneran niat apa engga disini. Ya, itu pandangan yg emang sangat ga boleh. Don't judge person with his cover. Dan hari ini dia berbagi, jujur gue baru ngeh sama cerita dia dan... Terharu:')

Beda lagi sama temen gue yang bener-bener belajar bareng sama gue, satu kelas ppls ipa di mampang. Dia sangat ingin menjadi dokter. Do you know apa yang dia lakuin buat itu? Ikut tes berkali-kali, keliling jawa. 9 kali masbro, sampai akhirnya dia menemukan pelabuhannya. Pelabuhan untuk kembali berlayar karena emang gaada istilah berhenti berjuang. Gue saluut banget sama dia, sebenernya dia udah diterima di 3 fakultas teknik univ negeri macem-macem tapi dia teruus istiqomah ikut tes. Kalo gue udah meletup-letup mungkin otaknya.

Ada lagi temen gue yang kerjaannya ngajakin mabit melulu (ngajakin ikhwan loh bukan gue haha), padahal pas mabit di sekre malah main dota. Tapi dia punya sesuatu yg beda, yaitu jiwa ngajar fisikanya yg teramat kece, sering banget bantuin belajar menjelang sbmptn. Selain ngajar fisika, dia juga ngajar TPA gitu dan aktif di sekolahnya sebagai kakak yang baik. Pokoknya aktivis gitu, tapi jarang keliatan belajarnya. Mungkin ini naluri dari Allah yah.... Dan pas pengumuman dia dapet sebuah jurusan di FT UI, jurusan yg dari awal mabit emang dia inginkan. Pas dapet, yang gue fikirin adalah "mungkin ini adalah balasan dari Allah karena dia rela ngajarin orang terus padahal, dianya sendiri aja belum tentu bisa belajar sendiri apa engga."

Beda lagi sama orang2 yg masuk jurusan yang ga dia duga, padahal nilai TO sudah mencapai angka 900 tapi Yang Memiliki Takdir berkata lain, dia akhirnya masuk di ipb, yg gue tau mungkin awalnya berat buat dia menerima, tapi belakangan ini gue liat dia bahagia disana~

Aaah pokoknya banyak kisah temen-temen gue buat masuk ptn yg mungkin kalo gue jabarin ga kelar semaleman. Haha. Yang jelas disini, Mabit Nurul Fkiri memberikan sesuatu yang semua tempat bimbel manapun gabisa ngasih "ukhuwah" yang berlandaskan cita-cita berjuang bareng-bareng.

Selain temen-temen yang hebat2 banget, disini gue ketemu kakak-kakak yg super duper baik banget. Ikhlas waktu buat belajar materi kuliahnya hilang karena ngajarin kami adek-adek mabitnya yang kadang suka gatau diri. Dari berbagai jurusan dan latar belakang, mereka masih setia ngajar. Padahal kalaupun dapet bayaran, itu cuma 2 ribu per pertemuan. Dimana lagi coba lo nemuin pengajar yang matanya ga ijo ngeliat uang? Cuma di mabit.

Udah gitu ga cuma ngajar. Tapi mereka juga ngasih banyak motivasi dan cerita buat kita. Ngasih semangat, nanya terus gimana perkembangan belajar kita. Kakak yang setia nongkrong di sekre dan ga pernah marah kalo kita nanya terus-terusan. Kakak yang pas stase, nyewain rumah buat 20 orang tp cuma 5 orang yang bisa ikut:') aah parah bgt, kakak2 mabit keren dan ikhlas banget. Semoga mereka kelak bisa mendapatkan balasan apa yang dia kasih sama kita hari ini.

Disini, gue ketemu ketua BEM FT UI 2013, dan sempet join kakak asuh sama dia. Ya meskipun cuma ketemu sekali, gue menyimpulkan bahwa mabit menghasilkan orang-orang besar. Ada juga kakak yang aktif di BEM UI dan ngeshare pengalamannya di organisasi kampus.

Ya, banyak cerita disini. Dari mulai catatatan akhir yang selalu bikin sesuatu dan seru banget, kegiatan non akademisnya yg ngebuat kita berasa jadi keluarga, makan besar yang bikin kenyang. Semua yang ngebuat gue ga nyesel menghabiskan kelas 12 disana, ya meskipun belum dapet kuliah. Gue ga nyesel atas apa yg terjadi kemarin, seenggaknya gue udah melakukan apa yang harusnya dilakukan. dan bareng anak mabit, gue selalu mencintai NF Mampang huahaha. 

Oiya ada juga temen gue yg ronin bilang gini "mabit adalah alasan, yang bikin gue ga nyesel jadi ronin." Bah, mantep banget.

Dan di mabit, pertama kali belajar sampe malem di NF, dan pertama kali ngomong sama orang-orang baru. Pokoknya banyak orang yang mau masuk Mabit, tapi ga banyak yang bisa survive dan bertahan. orang-orang pilihan-lah yang bener-bener mau berjuang disini. ya meski untuk masuk PTN ga mesti masuk mabit. tapi you can find something. Ukhuwah. mungkin niat awalnya cuma belajar, tapi makin kesini kalian bakal tau bahwa sukses sendirian itu gaenak!

Buat adek-adek yang mau berjuang menggapai cita-cita, gaada salahnya belajar lebih di mabit. Waktunya emang malem, emang bakal lebih capek dari yg gaikut mabit. Tapi pasti ada bayarannya kok. Pasti. ga bakal nyesel ikut mabit, karena mereka akan jadi keluarga kedua buat kalian.

So, kenapa ragu? Yuk join ke NF mampang. Dicoba, awas ketagihan. Haha. Udah ah, terlalu semangat ngomongin mabit punya efek samping. 

Wassalamu'alaikum.wr.wb

*tulisan tanggal 25 September tapi baru sempet di publish sekarang. huahaha*


No comments:

Post a Comment